DLH Tanbu Tandatangani Nota Kesepahaman Gerakan Sedekah Sampah

IMG_9875

Batulicin-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupten Tanah Bumbu menggelar penendatanganan Nota Kesepahaman kerjasama pengelolaan sampah dengan 23 Instansi yang tergabung dalam gerakan sedekah sampah, Selasa (19/9) di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Tanah Bumbu.

23 Instansi tersebut antara lain Kompi senapan B 623, pengelola mesjid, gereja, pondok pesantren dan yayasan pendidikan serta perorangan
Nota Kesepahaman ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Ir. H. Erno Rudi Handoko dan perwakilan Instansi , yayasan dan penyelengara pendidikan yang sudah menyepakati untuk bekerjasama dalam hal pengelolaan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu.

IMG_9891

Kerjasama tersebut adalah tindak lanjut dari sosialisasi tentang pengelolaan sampah yang baik dalam bentuk gerakan sedekah sampah yang dilaksanakan oleh Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu beberapa waktu yang lalu.
Sebelumnya, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Drs Zurkani dalam presentasinya mengatakan kerjasama pengelolaan sampah ini adalah sebuah terobosan baru dalam upaya menciptakan lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu yang bersih dan sehat.

IMG_9903

kerjasama itu bertujuan untuk merubah tata cara pengelolaan den pemanfaatan sampah sambil membudayakan perubahan paradigma masyarakat dalam memahami cara mengelola sampah dengan baik dan bernilai ekonomis.
Dijelaskan Drs Zurkani, tata cara dalam kerjasama pengelolaan sampah dengan sestem sedekah sampah ini antara lain, pertama pimpinan instansi menunjuk pengelola gerakan sedekah sampah dilingkungan instansi yang dipimpinya, kemudian menghimbau kepada lingkungan instansinya untuk mengelola dan memilih sampah dan selanjutnya sampah yang sudah dipilah akan dijual kepada bank sampah.

IMG_9868

“ Dan hasinya dikelola untuk kemudian disedekahkan kepada yang berhak menerimanya,” Papar zurkani.
Adapun keuntungan yang didapat dengan gerakan sedekah sampah tersbut antara lain, terciptanya lingkungan yang bersih, terciptanya perilaku positif dimasyarakat, menunmbuhkan kesadaran perilaku bersih serta dapat membantu tambahan penghasilan bagi pengelola. YNR

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »