DKBP3A Monitoring Ruang Bermain Agar Ramah Anak

IMG-20190125-WA0021

BATULICIN – Komitmen Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) menjadikan Tanah Bumbu sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) mulai diwujudkan.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai predikat KLA yaitu menyediakan ruang terbuka publik yang ramah anak.

Sekedar informasi, KLA adalah Kabupaten atau Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Agar menjadi KLA, tentunya harus pula dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang ramah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak. Diantaranya Ruang Bermain Ramah Anak.

Jum’at (25/01), DKBP3A Kabupaten Tanah Bumbu melakukan monitoring RTH Education Park, Kecamatan Simpang Empat. Tinjauan lapangan ini berkaitan dengan rencana dijadikannya Ruang Bermain Anak di RTH Education Park menjadi Ramah Anak.

“Kegiatan hari ini bertujuan untuk menjadikan Taman Bermain Anak di RTH Education Park menjadi ramah anak,” kata Kepala DKBP3A Tanbu, Hj Narni.

Menurut Narni, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat dijadikan ruang bermain ramah anak, seperti, tidak berada diarea inti pengelolaan sampah, adanya zonasi ruang bermain anak berdasarkan kelompok umur, adanya perabot yang aman digunakan oleh anak disabilitas dan difabilitas, adanya papan informasi, adanya jalur evakuasi bencana, adanya penghijauan atau tanaman sebagai sarana pendidikan, kualitas udara disekitar yang tidak berpolusi, ada petugas keamanan dan kesehatan, dan lainnya.

Hasil kunjungan lapangan kali ini, Ruang Bermain di RTH Education Park sudah mendekati ramah anak. Namun masih perlu adanya pembenahan dan sarana tambahan lainnya agar bisa memenuhi syarat menjadi ramah anak.

“Setelah tinjauan kelapangan, DKBP3A akan menggelar pertemuan dengan SKPD terkait untuk tindak lanjut pembangunan ruang bermain ramah anak ini,” ucap Hj Narni. (rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.