Diskominfo Tanbu Berikan Pembinaan KIM Untuk Masyarakat Saring Sungai Binjai

IMG_20171017_153815

Batulicin – Dalam upaya mewujudkan Desa Saring Sungai Binjai menjadi desa pemenang lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun2017, Pemkab Tanah Bumbu terus gencar melakukan pembinaan berbagai bidang kepada aparatur dan masyarakat desa setempat.

Dalam pembinaan tersebut melibatkan sejumlah Dinas dan Instansi pemerintah daerah, diantaranya TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Sosial, Dinas KBP3A, Dinas Perdagangan dan Industri, Dinas Pendidikan dan beberapa dinas yang terkait lainya.

Sebagai bagian dari Tim, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Bumbu turut ambil bagian dalam kegiatan pembinaan tersebut. Bentuk pembinaan yang dilakukan Diskominfo, berupa bimbingan dan arahan serta evaluasi mengenai sejumlah materi yang dinilai, yang berkaitan langsung dengan Diskominfo.
IMG_20171017_153836
Kepala Diskominfo Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kepala Seksi Pengelolaan Aspirasi dan produksi informasi, Muchyar SE mengatakan, pembinaan yang telah dilakukan oleh Diskominfo adalah pembinaan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan bimbingan pengelolaan Web khusus untuk Desa Saring Sungai Binjai.

“ Materi tersebut merupakan salah satu unsur yang menjadi penilaian dalam lomba P2WKSS ini, dan unsur tersebut berkaitan langsung dengan Diskominfo,” ujarnya saat ditemui usai melakukan pembinaan desa Sungai Binjai, Selasa (17/10)

Diakui Muchyar, pihaknya sudah melakukan beberapa kali pembinaan tersebut. Dan sampai saat ini pembinaan yang dilakukan sudah pada tahap evaluasi akhir.

“ Kita sudah melakukan pembinaan sejak bulan Oktober 2017 lalu, Saat ini kita memasuki tahap evaluasi, dan hasilnya cukup menggembirakan,” ujarnya.

Dikatakanya, pembinaan KIM ini merupakan unsur penting dalam pemerintahan desa, sebab menurutnya KIM merupakan wadah atau sarana bagi masyarakat dalam menerima dan menyebarkan informasi-informasi positif yang dapat membantu menncerdaskan warga masyarakat.

“ Diera keterbuakaan ini, informasi sangat berperan dalam mewujudkan dan meningkatkan wawasan warga pedesaan, sebab melalui informasi, masyarakat dapat lebih mengenal dunia luar,” paparnya.

Kita ketahui bersma, Desa Saring Sungai Binjai terpilih mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam penilaian Lomba desa P2WKSS dan KSI tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017. Dan penilai tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2017 yang akan datang.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, diharapkan Desa Saring Sungai Binjai bisa menjadi pemenang dalam lomba P2WKSS dan KSI tahun ini. YNR

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »