Disdukcapil Akan Perluas Pelayanan Online Hingga ke Desa

BATULICIN – Tidak lama lagi untuk pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan dapat diakses hingga ke tingkat desa, yang mana saat ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk akses pelayanan melalui online hingga ke tingkat desa.

“Saat ini kita perlu server yang besar, agar tidak ada kendala nanti kalau terlalu banyak penggunananya,” kata Kepala Disdukcapil Tanbu, Eka Syafruddin.

Adapun tujuan penyebaran layanan tersebut jelas Eka, agar masyarakat tidak lagi jauh ke pusat kota hanya untuk mengurus berkas data kependudukan. Apalagi saat ini masa pandemi Covid-19, sehingga nantinya tidak ada lagi masyarakat berkumpul yang menyebabkan kerumunan.

Selain itu, Eka menambahkan beberapa waktu lalu layanan mereka sempat ditutup dikarena ada pegawai yang terpapar Covid-19, untuk itu dia mengupayakan kemudahan layanan agar tidak terjadi kerumunan orang di Kantor Disdukcapil.

Sampai dengan saat ini, pelayanan Disdukcapil Tanbu berjalan dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni menjaga jarak duduk, menggunakan masker, cek dulu suhu tubuh, dan harus melalui bilik disinfektan. (Iwn)

No Responses

Comments are closed.