Disdagri Lombakan Motif Tenun Pagatan

DSC05254

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagri) mengadakan Lomba Desain Motif Tenun khas Tanbu, di Gedung Sekretariat PKK Kecamatan Simpang Empat, Kamis (12/03/2020).

Lomba ini guna meningkatkan inovasi dan kreasi motif Tenun Pagatan dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap pelestarian warisan budaya nusantara.

Kepala Disdagri Tanbu, H Deny Harianto mengatakan Tenun Pagatan sudah tersebar kemana-mana. Tidak hanya sebatas di daerah, namun hingga ke nasional bahkan internasional.

“Hal ini juga berkat dukungan pimpinan kita, Pak Bupati dan juga Ketua Dekranasda yang selalu berupaya terus memotivasi kami untuk maju dan lebih maju lagi,” ujarnya.

DSC05261

Sambung Deny, pihaknya selalu siap membina para pengrajin tenun yang ada di Bumi Bersujud.

“Tanpa adanya dukungan dari para pengrajin, maka kami juga tidak bisa mengenal inovasi yang ditampilkan sekarang ini,” lanjutnya.

Karena melihat dari hasil yang ditampilkan, sebelum dilakukan pembinaan dan setelah dibina, sudah nampak perkembangan ide luar biasa dari para pengrajin.

Ia juga menyampaikan, motif baru hasil perpaduan ide, inovasi dan kreatifitas pengrajin dalam lomba tersebut juga akan diperkenalkan ke masyarakat.

20200312_125848

Sementara itu, Ketua Dekranasda Tanbu, Hj Sadariah saat membuka lomba berharap melalui lomba tersebut, dapat semakin meningkatkan inovasi dan menambah motivasi bagi para pengrajin.

“Pengembangan ini akan menambah peluang usaha bagi pengrajin di daerah kita. Yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” sebut Sadariah.

Dalam lomba itu juga dihadirkan narasumber dari Hipmikindo Tanbu, Hamdani Achmad yang menyampaikan materi entrepreneurship terkait Tenun Pagatan. Terutama pemberian motivasi bagi para pengrajin dalam pengembangan tenun kedepan, baik segi desain hingga regenerasi pengrajin. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.