Dinkes Sosialisasikan Pencegahan DBD di PT KAM

IMG-20190214-WA0042

BATULICIN – Di masa dengan curah hujan tinggi, penyakit demam berdarah (DBD) menjadi salah satu penyakit yang mengintai.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran penyakit tersebut, salah satunya dalam bentuk sosialisasi ke segala lapisan masyarakat.

Kepala Dinkes melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Nurliana, pada Jumat (15/02) menyampaikan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat perlu dilakukan serta melibatkan lintas sektoral, salah satunya adalah sektor swasta (perusahaan).

“Salah satu yang aktif melakukan pencegahan DBD adalah PT Kodeco Agrojaya Mandiri (KAM),” ujarnya.

Pada Kamis, 14 Februari kemarin, Dinkes mendatangi mess karyawan PT (KAM) guna mensosialisasikan pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD.

“Perusahaan meminta agar Dinkes dapat berbagi pengetahuan tentang langkah yang harus dilakukan dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD, karena ada salah satu pekerja perusahaan yang terserang penyakit tersebut,” sebutnya.

IMG-20190214-WA0037

Ada beberapa lokasi di PT KAM yang didatangi, yaitu Kebun 1 dan Kebun 2, Camp 1, Camp 2 serta Camp 3. Sedangkan Dinkes mengirimkan 3 orang dari Seksi P2PM yang menjadi narasumber Sainol, Fatherlina dan Misranudin.

Sosialisasi berisikan pengenalan tentang siklus hidup nyamuk, penyakit DBD, gejala serangannya dan tindak lanjut penanganannya serta pola hidup bersih dan sehat sebagai langkah pencegahannya.

“Langkah pencegahan lainnya adalah melalui pemberantasan jentik yang dapat dilakukan oleh setiap rumah tangga. Selain itu, perusahaan juga telah menyediakan bubuk abathe untuk dibagikan kepada penghuni camp sebagai langkah lainnya,” sebutnya.

Ia juga mengingatkan apabila terjadi serangan DBD agar segera dilakukan penangan medis secara baik. (rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

1

No Responses

Comments are closed.