Dinas PMD Gelar Pelatihan Pamsimas

IMG-20190820-WA0028

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) gelar pelatihan bagi Pemerintahan Desa dan Kecamatan terkait Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu di Hotel Medina Pagatan, Senin (19/08/2019) siang.

Acara Pelatihan Program Pamsimas III tersebut dihadir Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Andi Aminuddin, Distrik Koordinator Pamsimas M Alfauji serta seluruh peserta pelatihan.

Pelatihan yang digelar selama 4 (empat) hari ini diikuti sedikitnya 120 peserta dari desa dan dan kecamatan se Tanah Bumbu.

Dalam laporan nya M Alfauji menyampaikan Pamsimas merupakan salah satu program andalan nasional untuk meningkatkan akses bagi penduduk perdesaan terhadap fasilitasi air minum dan sanitasi yang layak.

IMG-20190820-WA0027

Dalam pelatiahan ini, panitia menghadirkan narasumber dari jajaran pemerintahan yang menjadi stakeholder yaitu Dinas PUPR, Bappeda, Dinas PMD dan Dinas Kesehatan.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Andi Aminuddin sangat mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini.

Bupati mengharapkan agar nantinya, pelatihan mampu menghasilkan para perencana yang handal, memiliki kompetensi dan pengetahuan luas serta profesional, terutama mampu menyusun Rencana Kerja Masyarakat (RKM) dan Program Jangka Menengah Air Minum dan Senitasi, yang merupakan dokumen usulan dalam mewujudkan Desa Pamsimas.

“Karena kegiatan ini sangat penting dan strategis sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat, terhadap akses air minum yang bersih dan kesehatan lingkungan, merupakan hal yang mendasar dan menjadi agenda pokok kebijakan pembangunan negara, serta komitmen bersama di tingkat internasional dalam Milenium Development Goals (MDGs), agar tercapai universal akses Tahun 2019,” tambahnya. (Fik)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.