Dinas Ketahanan Pangan Tanbu Lakukan Tes Uji Kelayakan Sayur dan Buah

Dinas Ketahanan Pangan Tanbu  Harafkan Konsumen Yang Cerdas

BATULICIN- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu menggelar uji kelayakan terhadap sample sayur dan buah-buahan yang terdapat dipasar Kodeco KM.1 Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu. Uji kelayakan tersebut dilakukan untuk mengetahui kandungan pestisida di dalam buah dan sayur yang diperjualbelikan kepada konsumen.

Uji kelayakan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu di Gunung Tinggi, Rabu (1/03/2017). Dalam pelaksanaan tersebut hadir tim pengawas dari Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Selatan didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanbu Mahriyadi Noor yang juga secara langsung melakukan uji kelayakan terhadap sample buah dan sayur dengan menggunakan alat uji Pesticides Detection.

Adapun buah dan sayuran yang menjadi sasaran sebagai bahan untuk di uji kelayakan diantaranya cabe,tomat,terong,sawi,kangkung,timun,buncis,pare,kacang panjang dan selada.

Selanjutnya dalam pemaparannya Andi Hariati selaku Kasi pengawasan Tanaman Segar Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan, “ Agar kiranya masyarakat lebih cerdas dalam memilih buah dan sayur untuk dikonsumsi,untuk menghindari kandungan buah dan sayur yang mengandung pestisida diharapkan agar kiranya dipisahkan terlebih dahulu jenis sayur yang berupa daun maupun jenis buah kemudian dicuci dengan menggunakan air mengalir berulang,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu Mahriyadi mengucapkan terimakasih terhadap jajaran Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kalsel atas kesediannya untuk datang ke tanbu dan sangat menyambut baik dilaksanakan nya uji kelayakan tersebut.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu agar benar-benar dalam memilih buah dan sayur untuk dikonsumsi demi kesehatan keluarga.(Rel/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »