Camat Angsana Berharap Desa Sumber Baru Kembali Raih Juara

IMG-20190313-WA0022

BATULICIN – Tim Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu mengunjungi Desa Sumber Baru, Kecamatan Angsana, Rabu (13/03/2019).

Kedatangan Tim dari Kabupaten untuk melakukan penilaian terkait Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu yang digelar oleh Dinas Pberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanbu.

Tim Penilai di Desa Sumber Baru disambut langsung oleh Camat Angsana Wahono beserta jajarannya, Pjs Kades Sumber Baru Ridwan beserta jajaranya, TP PKK Desa, dan masyarakat setempat.

Dalam sambutanya dihadapan Tim Penilai, Camat Angsana Wahono mengatakan Desa Sumber Baru terpilih mewakili Kecamatan Angsana di Lomba Tingkat Kabupaten karena berhasil menjadi yang terbaik pada penilaian lomba desa tingkat Kecamatan Angsana.

Desa Sumber Baru, sambung Wahono, merupakan desa yang pernah menjadi Juara 1 pada lomba tingkat Kabupaten Tanah Bumbu dan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada lomba desa tingkat Nasional.

“Pada lomba desa tingkat nasional ragional Kalimantan dan Sulawesi, Desa Sumber Baru berhasil meraih Juara 2 Nasional,” ujar Wahono.

Menurut Wahono, terpilihnya Desa Sumber Baru mewakili Kecamatan Angsana pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2019 tidak terlepas dari konsistennya pemerintah desa dalam mempertahankan semangat membangun desa.

Wahono menyebutkan, biasanya desa yang sudah pernah menjadi juara akan sangat sulit untuk mempertahankan prestasi yang pernah diraih.

Namun hal itu tidak terjadi bagi Desa Sumber Baru. Semangat mempertahankan predikat juara lomba desa terus dipertahankan bahkan pembangunan di desa terus meningkat.

Terkait lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten tahun 2019 ini, Wahono berharap Desa Sumber Baru bisa terpilih kembali meraih juara 1 dan mewakili Kabupaten Tanah Bumbu di Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

IMG-20190313-WA0021

Sementara itu, Pjs Kades Sumber Baru, Ridwan, mengatakan Desa Sumber Baru memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.085 jiwa dengan 938 KK.

“Desa Sumber Baru terdiri dari 7 Dusun dan 25 RT,” sebutnya.

Pelaksanaan pembangunan di Desa Sumber Baru mengacu pada RPJMDes. Kegiatan keagamaan di Desa juga berjalan dengan baik.

Sedangkan yang menjadi fokus utama pembangunan di Desa Sumber Baru adalah penyediaan air bersih bagi warga masyarakat.

“Pada tahun 2019 ini ditargetkan penyediaan air bersih untuk keluarga sudah terpenuhi,” sebut Pjs Kades Sumber Baru.

Saat ini, sebutnya, pemerintah desa sedang membangun menara penampung air dan juga sumur bor untuk kebutuhan air bersih keluarga.

“Salah satunya adalah membangun menara penampung air bersih dengan kapasitas 40.000 liter,” ujarnya.

Penyediaan air bersih ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa Sumber Baru dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mencegah terjadinya Stunting. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.