Bupati Tanbu : DKD Diharapkan Jadi Pendorong Peningkatan Kualitas Seni Budaya Lokal

s

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming menginginkan kiprah Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Tanah Bumbu mampu meningkatkan kualitas seni dan budaya daerah. Sehingga akan mendorong para pelaku seni dan budaya daerah dalam melestarikan kearifan lokal yang ada.

Hal tersebut dikatakan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Dan Politik Drs. H. Muhammad Thaha saat membacakan sambutan Bupati sekaligus membuka Musyawarah Pembentukan Pengurus DKD Kab. Tanah Bumbu Periode 2017 – 2020 di Mahligai Bersujud, Selasa (19/9).

Menurutnya, daerah ini memiliki kekayaan budaya serta seni khas yang sarat akan kearifan lokal, kerena itu para seniman yang ada dianggap mampu menyuguhkan karya seni terbaik serta bermutu kepada masyarakat.

“Melalui kekayaan khazanah budaya lokal itu, peran DKD diharapkan dapat menjembatani peningkatan kualitas seni dan budaya sekaligus menggali kembali potensi kesenian daerah khsusnya di Kabupaten Tanah Bumbu,” ungkap Thaha.

Dia menuturkan, DKD dapat menjadi wadah untuk menyatukan seniman Tanah Bumbu dalam menemukan wajah, kekhasan, dan keunikan kesenian daerah yang nantinya dapat ditonjolkan ke tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Dengan adanya DKD diharapkan dapat menggerakan masyarakat untuk mencintai kesenian khas daerahnya.

Ditambahkannya, keunggulan di bidang seni dan budaya ini turut mendukung visi dan misi pembangunan daerah dalam mewujudkan pusat kepariwisataan di Kalimantan Selatan.

“Dengan demikian para seniman akan terus berkembang, mengeksplorasi dan mengekpresikan kreatifitasnya dalam berbagai wadah di berbagai level kegiatan seni dan budaya,” tutupnya. (Win)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »