BUPATI TANAH BUMBU BANGUN SISTEM “TANAH BUMBU ONLINE” UNTUK MAKSIMALKAN E-Government

IMG_20171005_125501

TANAH BUMBU – Generasi Milenial adalah istilah yang turut dipopulerkan oleh Presiden Joko Widodobeberapa waktu lalu. Istilah ini salah satunya mengacu pada pola hidup masyarakat modern yangmemaksimalkan penggunaan teknologi informasi dalam keseharian dan menjalankan aktifitas, komunikasi,sosialisasi dalam menjalankan kegiatan ekonomi dan pemerintahan.

Menangkap fenomena “kekinian” tersebut, Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming, memiliki ambisibesar dalam mengikuti derasnya arus kemajuan teknologi informasi untuk menjalankan roda pemerintahan dan memangkas kesulitan birokrasi yang selama ini kadung melekat pada sistem pemerintahan kita.

Tidak mengherankan hal ini dilakukan karena Bupati kita ini pernah menjadi salah satu Kepala Daerahtermuda di Indonesia sehingga inovasi yang dicetuskan seringkali bersifat pembaharuan dari pakem lama.

Terlebih saat ini beliau adalah Ketua Asosiasi Kepala Daerah Seluruh Indonesia (APKASI), sehinggadipercaya untuk melakukan inovasi di Bumi Bersujud dan akan ditularkan kepada daerah lainnya.

Pada hari Rabu (04/10), bertempat di ruang rapat Bupati Tanah Bumbu, Tim/Konsultan IT yangdidatangkan oleh Bupati mengundang Bagian informasi dan pelaporan serta Tim IT yang mengelolaaplikasi dan website di SKPD yang ada di Bumi Bersujud.
IMG_20171005_125440
Pertemuan ini bertujuan untuk mengembangkansistem teknologi informasi dan komputerisasi yang telah ada dan menjadi basis pelayanan di Kabupatenyang menerapakan e-government dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Dikatakan oleh Mardani “Dirinya memiliki keinginan bahwa di Tanah Bumbu kedepannya mengaplikasikanpelayanan berbasis online ini tidak hanya di bidang pemerintahan, tetapi bisa menjadi sebuah granddesain dalam membangun ekonomi kreatif yang akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bahkanlebih besar dari sektor-sektor lain yang menjadi andalan selama ini,” Demikian diungkapkan beliau.

Hal initentu diungkapkan tanpa alasan karena melihat fenomena bisnis berbasis online saat ini sedang menjaditrend ditengah masyarakat dan dalam pengamatan beliau akan terus berkembang mengikuti kemajuanbidang IT.Untuk itu ujarnya lagi “Tanah Bumbu akan membangun sistem e-government terintegrasi bernama TANAHBUMBU ONLINE.

Sebagai bentuk keseriusannya, Mardani H. Maming mengakui bahwa dirinya siapmembiayai seluruh proyek ini secara independen dan akan menjadi warisan berharga bagi pemimpin danpelaksana pemerintahan Bumi Bersujud dikemudian hari,” demikian dikatakan pada pertemuan tersebut

Diakui saat ini meskipun Tanah Bumbu telah mengadaptasi berbagai aplikasi dalam bidang pemerintahan,akan tetapi masih ada hambatan lintas sektor antar SKPD terkait data-data yang masih terpisah dalamserver masing-masing SKPD yang melaksanakan.

Kedepannya sebagaimana diungkap Tim IT Bupati,akan dibangun sebuah sistem yang terintegrasi sehingga mempermudah perencanaan dan pelayanan,mulai dari kependudukan, perencanaan, pengelolaan keuangan, pelayanan publik (kesehatan, ekonomidan pendidikan), pengawasan pemerintah, pemeliharaan kekayaan daerah dan layanan publik lainnya.

Sebagai penutup dalam pertemuan tersebut, Bupati menginginkan pada tahun 2018 Proyek TANAHBUMBU ONLINE sudah dapat diluncurkan dan menjadi basis pelayanan bidang pemerintahan di TanahBumbu. (erp)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »