Bupati Mulai Pencanangan Pemberdayaan Gotong Royong Masyarakat

IMG-20200811-WA0017

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mencanangkan program Pemberdayaan Gotong Royong Masyarakat.

Pencanangan dimulai secara resmi oleh Bupati Tanbu H Sudian Noor yang didampingi Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah di Desa Ringkit Kecamatan Kuranji, Selasa (11/08/2020).

Hal ini dalam rangka mewujudkan pembangunan desa dengan semangat gotong royong, hingga diperlukan upaya dalam menggerakkan masyarakat agar berdaya secara bersama-sama dalam pembangunan di daerah.

Kepala Desa Ringkit, Ahmad Zaidi menyampaikan acara itu diharapkan dapan menanamkan jiwa kegotongroyongan pada seluruh yang hadir.

“Kita bisa bersatu menciptakan kebersamaan dengan adanya program ini,” ucapnya.

Zaidi juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Bupati ke rumah warga Desa Ringkit sebelum acara dimulai. Kunjungan Bupati itu sekaligus dalam rangka penyerahan bantuan bagi warga itu.

20200811_143018

Kemudian Bupati H Sudian Noor dalam sambutannya menyebutkan gotong royong merupakan semangat dasar yang melandasi Pancasila.

“Dan sebagai salah satu budaya bangsa yg merupakan ciri khas bangsa Indonesia sejak zaman dulu, nilai-nilai gotong royong ini sudah semestinya terus hadir di tengah masyarakat kita. Dan tentunya ini jangan sampai hilang akibat kesibukan dan rutinitas kita,” jelasnya.

Gotong royong menurut Bupati, jangan hanya dimaknai dengan membersihkan lingkungan bersama. Namun lebih dari itu, gotong royong hendaknya juga menjadikan masyarakat bersatu dan kompak dalam kehidupan sosial kemasyarakatannya.

“Contoh gotong royong dqlqm hal lain, seketika ada orang yang sakit, maka masyarakatnya bergotong royong membantu orang yang sakit itu,” contohnya.

IMG-20200811-WA0016

Bukan hanya kehadiran pemerintah semata yang diharapkan lanjut Bupati, tapi juga rasa kemandirian dan jiwa gotong royong di masing-masing desa yang ingin dihidupkan kembali.

“Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama, bahu membahu, bekerjasama dan memberikan dukungan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud dengan Pemberdayaan Gotong Royong Masyarakat,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan alat gotong royong dari perusahaan setempat kepada perwakilan warga dan dua sepeda untuk anak yang bisa menghafalkan surah pendek.

Setelahnya, Bupati dan undangan juga melakukan penanaman bibit pohon di sekitar lokasi acara.

Turut berhadir dalam kegiatan itu, Dandim 1022/TNB, Kapolres Tanbu, Danlanal Ktb/Tanbu, Anggota DPRD, Pejabat SKPD, para Camat dan Kepala Desa di Tanbu serta perwakilan beberapa organisasi wanita lainnya. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.