Buka MTQ ke 16, Wabup Harapkan MTQ Mampu Menciptakan Insan Qur’ani

7R0A0796

BATULICIN – Wakil Bupati H Ready Kambo secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 16 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (10/09/2019) malam.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wabup H Ready Kambo bersama Ketua Umum LPTQ Tanbu H Rooswandi Salem.

Acara pembukaan MTQ yang digelar di Kecamatan Mantewe ini berlangsung dengan meriah dan menghadirkan qori internasional juara 2 di Brunei Darussalam tahun 2000 yakni Muhammad Yusuf dari Banjarmasin.

Selain itu juga diisi ceramah agama oleh Syeh Muhammad bin Ahmad Al Basri Al Yamani.

7R0A0786

Wabup H Ready Kambo saat membuka MTQ ke 16 mengatakan Musabaqah Tilawatil Qur’an harus mampu menciptakan insan-insan Qur’ani di Bumi Bersujud.

“MTQ ini jangan hanya dijadikan sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi menjadi momentum untuk terus mempelajari, mendalami dan mengkaji seluruh isi kandungan Al-quran sehingga setiap pribadi mampu mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkadung di dalamnya terutama terhadap dampak positif bagi kehidupan kita ditengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tanah Bumbu H Rooswandi Salem menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya MTQ Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu di Kecamatan Mantewe. Terutama kepada panitia MTQ Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ke 16 Tahun 2019 dan seluruh masyarakat Kecamatan Mantewe yang telah mempersiapkan dan menyambut pelaksanaan MTQ dengan penuh semangat dan begitu antusias.

H Rooswandi menambahkan seperti diketahui bersama, kegiatan MTQ dan Tahfiz Al-Qur’an hingga saat ini terus membudaya di Tanah Air tak terkecuali di Tanbu. Untuk itu kedepanya LPTQ Tanbu akan terus berupaya meningkatkan pengembangan Al-Qur’an di Kab Tanbu khususnya dalam rangka mendukung pemerintah daerah mewujudkan generasi Qur’ani di Bumi Bersujud.

7R0A0770

“Sehingga nantinya diharapkan tidak hanya membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga melahirkan Qori dan Qoriah dan Hafidz Hafidzah yang dapat membawa nama harum daerah pada ajang MTQ ditingkat Provinsi dan Nasional,” sebut Rooswandi yang juga Sekda Tanbu.

H Rooswandi juga menyampaikan prestasi Tanah Bumbu pada MTQ tingkat Provinsi yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Semula berada pada rangking 10 menjadi ranking 7 ditingkat Provinsi pada MTQ Tahun 2018 yang lalu.

Kedepannya, pada MTQ Tahun 2020 di Kabupaten Kotabaru, sebut Rooswandi, LPTQ Tanbu mentargetkan minimal masuk dalam 5 besar di tingkat Provinsi.

“Melalui MTQ ke 16 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu di Kecamatan Mantewe diharapkan mendapatkan peserta yang berkualitas untuk ikut dalam ajang MTQ tingkat provinsi tahun 2020,” harap Rooswandi.

7R0A0798

Camat Mantewe Sulhadi dalam laporanya menyampaikan MTQ ke 16 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2019 di Kecamatan Mantewe mengangkat tema “Bersinergi Menuju Masyarakat Tanah Bumbu Yang Qur’ani”.

MTQ dilaksanakan mulai 10 sampai 15 September di Desa Suka Damai Kecamatan Mantewe.

Peserta MTQ terdiri dari 10 Kecamatan se-Tanbu dengan jumlah kafilah sebanyak 2888 orang dan peserta lomba 456 orang. Adapun cabang yang dilombakan sebanyak 11 cabang lomba.

Turut hadir pada pembukaan MTQ ke 16 yakni Para Habib, Syarifah, Ulama, Forkopimda, Anggota DPRD, Ketua MUI, Kemenag Tanbu, Pejabat Pemkab Tanbu, Camat se-Tanbu, para kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan lainnya. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.