BPBD Gelar Pelatihan Relawan MPA 2018

IMG-20181122-WA0014

BATULICIN – Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Andi Aminuddin membuka Pelatihan Relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) di Gedung Sekretariat PKK Kecamatan Simpang Empat, Kamis (22/11).

Pelatihan relawan MPA ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari TRC, Pramuka, Pemuda Pancasila, KNPI, dan Banser serta relawan desa dari Kecamatan Batulicin dan Simpang Empat.

Pelatihan dilaksanakan selama lima hari sejak tanggal 21 hingga tanggal 25 November. Seluruh peserta bermalam di tenda yang disediakan oleh BPBD beserta dapur umumnya.

Sekretaris BPBD Fansyuri, mengatakan pelatihan relawan MPA sangat penting dilaksanakan dalam rangka menindaklajuti bencana kebakaran lahan dan hutan di Tanbu.

“Selain itu, pelatihan ini guna meningkatkan kapasitas, ketangkatasan para relawan dalam menghadapi situasi bencana yang terjadi didaerah sehingga menciptakan relawan yang tanggap dan siaga,” tambahnya.

IMG-20181122-WA0015

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang disampaikan Andi Aminuddin mengatakan, atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan Masyarakat Peduli Api, karena melalui pelatihan ini kita dapat mengantisipasi hal yang tidak diinginkan khususnya bencana kebakaran lahan dan hutan.

“Oleh sebab itu pelatihan ini sangat penting dan strategis bagi masyarakat dan pemerintah daerah,” sebutnya.

Ia mengharapkan, BPBD tidak hanya sekali dalam setahun melaksanakan pelatihan, akan tetapi secara efektif, tepat dan inovatif terus memberikan pelatihan dan sosialisasi, sehingga mampu memetakan lokasi bencana terutama dalam merencanakan bentuk mitigasi adaptasi tekhnologi agar masyarakat di Bumi Bersujud menjadi lebih sigap.

Pembukaan pelatihan ditandai dengan pemasangan pin, topi dan rompi peserta oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Andi Aminuddin. (iwn)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »