Atasi Kerusakan Padi, Distan Tanbu Lakukan Gerdal Wereng Coklat

IMG_20190218_100655

BATULICIN – Dalam upaya mencegah penyebarluasan hama Wereng Coklat yang menyerang tanaman padi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Pertanian terus melakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama Wereng tersebut.

Melalui Bidang Tanaman Pangan dan Holtikoltura, Gerakan bersama pengendalian hama tersebut dilaksanakan di areal tanaman padi masyarakat Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat, Senin, (18/02).

Pengendalian dilakukan dengan cara menyeprotkan cairan pestisida secara bersama pada tanaman padi yang terserang penyakit.

Kepala Dinas Pertanian, Setia Budi, melalui Kepala Seksi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman, Indra Wijaya, mengatakan, kegiatan gerdal yang dilakukan merupakan tahapan awal pencegahan yang bertujuan menghambat penyebarluasan hama wereng coklat yang menyerang tananaman padi milik masyarakat. Disamping itu juga bertujuan untuk mencegah padi gagal panen.

“Ini harus segera kita lakukan, sebab penyebaran hama begitu cepat dan apa bila terlambat akan mengakibatkan kerusakan tanaman padi, dan menyebabkan kematian tanaman padi hingga gagal panen,” jelasnya.

Pada gerdal tersebut, pihaknya telah dibantu dan didukung oleh Balai Perlindungan Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala BPP, Mantri Tani dan Penyuluh Pertanian. Pada Gardal kali, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu telah membantu petani berupa racun dan obat-obatan pembasmi hama.

“Dalam gerakan bersama ini, kita telah memberikan bantuan berupa racun dan obat-obatan. Untuk lebih efektifnya, gardal ini harus dilakukan secara bersama-sama atau serentak,” jelasnya.

Diketahui, Wereng coklat merupakan hama yang dikenal kerap menyerang tanaman padi yang masih muda hingga menyebabkan padi akan mengering hingga akhirnya mati. Hama wereng coklat harus cepat ditangani karena akan berdampak buruk pada produksi yang didapat. (ynr)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.