Aruh Sastra Kalsel Digelar

IMG-20191115-WA0047

BATULICIN – Pembukaan Aruh Sastra Kalimantan Selatan Ke-16 Tahun 2019 di Kabupaten Tanah Bumbu dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H Rooswandi Salem selaku Ketua Umum Aruh Sastra, di Panggung Utama Pantai Pagatan, Jumat (15/11/2019) malam.

Saat memberikan sambutan, ia menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Tanah Bumbu untuk melaksanakan Aruh Sastra. Ia juga mengucapkan selamat datang di Bumi Bersujud kepada para Peserta Aruh Sastra Kalimantan Selatan Ke-16 Tahun 2019.

“Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya Aruh Sastra Kalimantan Selatan ini. Karena kegiatan ini, merupakan kegiatan sastra terbesar dan bergengsi di dalam pagelaran sastra di Banua, juga sebagai media silaturahim sesama sastrawan/dan pelaku seni lainnya baik lokal, maupun di luar Kalimantan Selatan,” sampainya.

Oleh karenanya, melalui pelaksanaan Aruh Sastra Kalimantan Selatan Ke-16 Tahun 2019, diharapkan dapat menjadi ajang diskusi para sastrawan/seniman dalam rangka mengembangkan dan melestarikan kegiatan Sastra Indonesia. Terutama dalam memperkenalkan dan mensosialisasikan Sastra kepada generasi milenial, khususnya yang memiliki animo atau ketertarikan terhadap sastra.

DSC_0292

“Sebab sastra merupakan sesuatu yang lahir dari karakter seseorang, sehingga dapat pula menjadi bagian dari pembentuk karakter seseorang. Agar nantinya, generasi melinial dapat tumbuh dan berkembang dengan memiliki karakter yang sesuai dengan budaya Indonesia, ditengah derasnya arus globalisasi seperti sekrang ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Rooswandi juga mengajak para tamu undangan dari seluruh Kalimantan Selatan yang berhadir untuk berwisata mengunjungi Goa Liang Bangkai di Kecamatan Mantewe.

Di akhir acara, Rooswandi juga sempat membacakan puisi dan membagikan buku kepada perwakilan dari kabupaten/kota yang berhadir dalam Aruh Sastra, yaitu Buku Antologi Aruh Sastra Kalimantan Selatan XVI Kalimantan Selatan Tahun 2019 ‘Semerbak Hutan Seharum Ombak’ dan Buku Kumpulan Puisi Karya Putra Putri Tanah Bumbu ‘Pada Nyanyian Angin Lelaki Pesisir Membaca Ombak’.

Pembukaan Aruh Sastra juga turut dimeriahkan penampilan Tokoh Sastrawan Nasional Capcay Saefullah, Sosiawan Leak dan Acep Zamzam Noor.

Turut berhadir dalam acara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu, Camat Kusan Hilir beserta Forum Koordinasi Kecamatan Dewan Sastra Kalimantan Selatan dan para Tokoh budaya Daerah. (Bid/Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.