Anggota DWP Tanbu Dilatih Kelola Sampah

IMG-20180503-WA0018

Batulicin – Guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang bersih dan sehat di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), menggelar pelatihan pengelolaan persampahan tingkat Kab. Tanbu di Aula Kantor Sekretariat PKK Tanbu, Kamis (3/5).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah Kab. Tanbu Ir. H. Erno Rudi Handoko, dan dihadiri Jajaran Penjabat Pemkab. Tanbu, Ketua dan Anggota DWP, Pengurus dan Anggota TP PKK Tanbu, Perwakilan Instansi Vertikal, dan para peserta pelatihan.

Panitia juga mendatangkan Narasumber dari Poltekes Kementerian Kesehatan dan dari pengelola Bank Sampah Gemah Ripah dari Yogyakarta.

Ketua DWP Tanbu, Hj. Rosidah Ijra’i dalam sambutanya mengatakan pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut diikuti oleh perwakilan pengurus dan anggota DWP se- Tanbu dan Organisasi Wanita lainya.

Dikatakannya, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bagi para anggota DWP dan TP PKK dalam mengelola sampah dengan baik dan benar. Sehinga mereka turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup sekitar.
IMG-20180503-WA0019

“ Minimal mereka memiliki pemahaman tentang pengelolaan sampah dan dapat meningkatkan kreatifitas dan keterampilan dalam membina lingkungan keluarga yang bersih dan sehat,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Tanbu dalam sambutanya yang dibacakan Plt. Sekretaris Daerah Kab. Tanbu Ir H. Erno Rudi handoko, mengapresiasi dan yambut baik kegiatan pelatihan tersebut.
Sebab menurutnya, kegiatan itu merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan salah satu pilar tata pemerintahan yang baik, dimana dalam menjalankan good governance salah satu komitmenya adalah menjaga lingkungan hidup.

Lebih lanjut Ia menambahkan, dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Pemkab. Tanbu dapat mengurangi dan mengatasi permasalahan sampah yang ada.
“ Para peserta natinya dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk turut serta menyukseskan pengelolaan sampah di Tanbu,’ ujarnya.

Dikatakanya, agar pengelolaan sampah di daerah dapat terorganisir dengan baik, perlu adanya senergitas semua pihak dalam menangani dan mengelolanya. Termasuk kerjasama dengan sektor swasta melalui konsep kemitraan bersama. Hal itu penting dilakukan dengan harapan kita bisa mengoptimalkan pengelolaan sampah guna mewujudkan Tanbu yang bersih, asri, nyaman, damai dan sejahtera. (YNR)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan