AFT 2020 Majukan Wisata Pantai Angsana

IMG-20200315-WA0014

BATULICIN – Angsana Fishing Turnamen (AFT) 2020 kembali di gelar, sebanyak 415 peserta yang terdiri dari 83 tim pancing dari berbagai daerah di Kalimantan ikut ambil bagian pada event mancing ini merupakan even tahunan yang ke tiga kalinya digelar, di kawasan Pantai Angsana, Kecamatan Angsana, Sabtu (14/03/2020) siang.

Untuk tahun ini kegiatan AFT 2020 sangat spesial karena hadirnya Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang melepas langsung peserta lomba tersebut didampingi Dinas Pariwisata Kalsel, Dinas Perikanan Tanbu dan Muspika Kecamatan Angsana.

Panita menuturkan, besarnya animo peserta lomba mancing tahun ini yang tidak saja berasal dari Kalimantan Selatan, namun juga dari luar diantaranya dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, seperti Palangkaraya dan Sampit.

“Selain peserta dari Kaltim dan Kalteng, juga ada dari Banjarmasin, Pelaihari, Tanjung dan Kotabaru serta Tanah Bumbu selaku tuan rumah,” terang Sayyid Sultan, Kepala Desa Angsana.

Sayyid Sultan mengatakan, tahun ini terjadi peningkatan baik dari jumlah peserta maupun hadiah serta doorprize yang disiapkan panitia.

“Untuk juara pertama disiapkan hadiah sebesar Rp 15 juta ditambah lagi hadiah khusus dari Paman Birin sebesar Rp 10 juta serta hadiah doorprize 1 unit sepeda motor,” imbuhnya.

Ia menambahkan, seluruh tim akan diuji kemampuan mendapatkan hasil pancingan di lokasi kawasan Pantai Sungai Dua Laut dan Pantai Angsana.

“Paling lambat besok (Minggu, red) jam 11 siang, seluruh tim sudah berada di darat untuk dilakukan penimbangan hasil pancingan,” tandasnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor saat melepas peserta menyampaikan, lomba memancing merupakan olahraga yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mendapatkan ikan hasil pancingan namun juga menuntut sportifitas dari peserta.

Gubernur berharap semangat sportifitas itu dapat ditularkan kepada generasi muda dalam melahirkan generasi yang sportif, jujur dan amanah.

“Tujuan kegiatan ini bukanlah hadiah, tapi sportifitas tinggi yang akan melahirkan nilai nilai kejujuran, artinya sportifitas merupakan kata kunci juara sejati,” pesan Paman Birin.

Selain itu lanjut Birin, event ini juga diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan pariwisata bahari di Kalimantan Selatan, dimana pariwisata merupakan salah satu elemen pembangunan daerah bahkan negara.

Untuk itu Gubernur mengajak seluruh pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat untuk menggelorakan tempat wisata di Kalimantan Selatan termasuk pariwisata bahari.

Gubernur juga berharap event mancing tersebut dapat membantu meningkatkan kunjungan wisata baik wisatawan domestik maupun manca negara.

“Semoga event turnamen ini bisa memberikan manfaat untuk memajukan dunia pariwisata Kalimantan Selatan, khususnya di kawasan Pantai Angsana,” pungkasnya.

Angsana Fishing Tournament terbagi dalam beberapa kategori. Untuk kategori pertandingan ikan terberat juara pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 15 juta, juara kedua Rp 12 juta dan juara tiga sebesar Rp 10 juta.

Sementara untuk juara harapan pertama Rp 5 juta, harapan kedua Rp 4 juta dan harapan ketiga Rp 3 juta.

Panitia juga menyiapkan hadiah untuk Kategori Kapten Terbaik, masing masing sebesar Rp 1.000.000, Kapten Terbaik Kedua Rp 500.000 dan Kapten Terbaik Ketiga sebesar Rp 250.000.

Beberapa jenis ikan yang menjadi penilaian panitia seperti giant travelly, tenggiri, talang, kakap merah, kaneke, kerapu dan lamun lamun.

Angsana Fishing Tournament 2020 dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanah Bumbu ke-17. (Adi)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.