2024 ASN Kita Sudah Berkualitas dan Berdaya Saing Dunia

IMG_20181023_182641

JAKARTA – Usai menerima penghargaan Anugerah KASN 2018, Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor berkesempatan mengikuti Seminar Nasional Pengembangan Human Capital dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (23/10).

Acara seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan Anugerah KASN 2018.

Seminar yang dibuka oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara tersebut diikuti oleh Kepala Daerah dan perwakilan Kepala Daerah, Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi dan Kabupaten Kota se Indonesia.

Menurut Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), DR. Ir. Setiawan Wangsaatmaja selaku Narasumber dalam paparannya mengatakan, dalam meyongsong era industri 4.0 di berbagai lini kehidupan, ASN memerlukan spesialis dan keahlian sesuai perkembangan teknologi.

IMG-20181023-WA0031

Salah satu tuntutannya adalah mewujudkan ASN yang dapat bersikap dan berperilaku seperti yang diinginkan oleh masyarakat, yakni pemberian pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, tepat waktu, dan tidak berbelit-belit. Oleh karena itu, penguatan manajemen ASN yang berorientasi kepada pelayanan publik menjadi tantangan bagi birokrasi modern saat ini.

Untuk itu diperlukan beberapa poin fokus perbaikan manajemen ASN. Diantaranya, perencanaan ASN di seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah harus didasarkan pada arah pembangunan nasional dan potensi daerah dengan mempertimbangkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

Kemudian poin berikutnya dalam rekrutmen para abdi negara hendaknya dilakukan dengan sitem komputerisasi atau berbasis komputer.

“Saat ini, sistem rekrutmen itu memang sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan hasil real time. Dan sistem ini sudah diakui dunia Internasional,” sebutnya seraya menambahkan.

“Dalam upaya menghadapi tantangan global tersebut, kita bertekad pada tahun 2024 ASN yang ada di Indonesia bisa berdaya saing dan berkelas dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam hal pengembangan kompetensi bagi para ASN. Saat ini, Kementerian PANRB bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus melakukan penyempurnaan terhadap sistem Pendidikan dan Pelatihan (Diklat).

“Kami sedang melakukan proses transformasi diklat konvensional menjadi diklat berbasis Human Capital Management dengan mengembangkan ASN Corporate University,” ungkapnya.

Dijelaskan, perkembangan teknologi yang melanda dunia saat ini juga menuntut kemampuan wawasan global dan pemahaman terhadap teknologi dan bahasa asing bagi setiap ASN, sehingga hal ini bukan lagi merupakan nilai tambah, melainkan sesuatu yang wajib dimiliki. (ynr)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan