10 Inovasi Teknologi di Lomba TTG

IMG-20180410-WA0025

BATULICIN – Sebanyak 10 Inovasi Teknologi mengikuti Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2018.

Lomba TTG yang dilaksanakan di Gedung TP PKK Tanah Bumbu, Selasa (10/4), dibuka Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Tanah Bumbu Avian Noor.

Peserta TTG dari berbagai Kecamatan yang ada di Bumi Bersujud.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Tanah Bumbu Avian Noor mengatakan pelaksanaan Lomba TTG Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2018 merupakan upaya pemerintah dalam menstimulan dan menjaring ide-ide kreasi inovasi masyarakat terutama dalam menunjang pengembangan ekonomi lokal, melalui berbagai penemuan teknologi tepat guna yang berbasis kearifan dan pengetahuan lokal serta potensi daerah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

IMG-20180410-WA0027
Untuk itu, lanjut Bupati, lomba TTG ini harus mampu menghasilkan inovasi teknologi baru yang kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing diberbagai bidang.

“TTG yang dibuat haruslah bersifat ramah lingkungan dan bisa diterima serta dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama dalam bentuk kreativitas dan inovasi yang dihasilkan masyarakat, penerapan, dan pengembangannya mampu mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu, Suwignyo, mengatakan Lomba TTG merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh DPMD dalam upaya meningkatkan keberdayaan masyarakat perdesaan.

Ditambahkanya, tujuan dilaksanakanya lomba untuk mendorong tumbuhnya inovasi bidang teknologi dan menunjang pengembangan wilayah melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan pemanfaatan sumberdaya alam.
IMG-20180410-WA0026

“Kami harapkan teknologi yang dibuat mampu meningkatkan produktifitas dan produksi, serta dapat meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, teknologi yang dibuat tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup.

Adapun 10 Inovasi Teknologi Tepat Guna yang dilombakan yaitu Alat Pemarut Sagu, Smart Wash, Briket Kulit Nipah Sebagai Pengganti Bahan Bakar Fosil, Mesin CNC Styrofoam Printing, Safety Mikropipet, Alat Penjernih Air Dengan Pasir Pantai, Inkubator Penetas Telur, Bubuk Penjernih Air dari Limbah Las Karbit, Mesin Pembuat Pupuk Organik dari Limbah Buah, dan Press Purun atau alat penekan Purun. (Rel/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »